Head end MATV yang baik

Head end, sebagai sentral atau pusat jaringan distribusi gambar (MATV?CATV) agar mendapatkan hasil maximal,tentu juga harus dilakukan hal yang maximal juga.karena bila gambar atau hasil tidak maximal, tentu gambar di client juga jelek/tidak maximal. Ada beberpa hal yang perlu diperhatikan untuk membangun head end yang baik. Berikut saya tuliskan sedikit tentang head end yang baik :

1. Pastikan channel atau siaran yang akan di distribusikan sudah diterima bagus dari satelite/parabola.(tidak pecah2 atau signal hilang2)

2.  Bila ada siaran atau gambar yang diambil dari TV Terestial, lebih baik frequensi distribusi ke jaringan kita dirubah dahulu menggunakan transmodulator.

3.  Pastikan frequensi tidak saling bertabrakan antara modulator (diberi jarak minimal 1 channel utuk masing2 modulator)

4.  Pastikan output rf modulator tidak sama dengan frequensi tv terestial (bila ada didaerah anda)

5.  Pastikan keluaran dari combiner, masing masing rf modulator besarnya sama (rata) atau tidak ada yang lebih tinggi dari lainya. kalau terpaksa ada yang lebih besar/tinggi,usahakan tidak terlalu jauh selisihnya.

6.  Pastikan input maximal dan input minimal dari booster atau ampli yang akan digunakan di head end. jangan melebihi atau kurang dari spek pabrik (biasanya tertulis di kemasan/manual book)

7.  Untuk setting ampli/booster usahakan signal level frequensi yang tinggi lebih besar dari freq rendah, jadi klo digambar,spektrumnya akan semakin naik nilai levelnya.

8.  Selalu lakukan balanching signal secara periodik (minim seminggu sekali)

9.  Gunakan Conector yang bagus,dan benar dalam pemasangan konektor dan jangan sampai kendor dalam memasang ke perangkat

10.  Gunakan kabel yang bagus

untuk belajar MATV silahkan kunjungi : http://www.masterantena.blogspot.com

About andry

Lulus STM 1 jogja tahun 1996, lulus SMPN 7 jogja tahun 1993, lulus SD Muhammadiyah Tegalrejo jogja tahun 1990, lulus TK ABA tegalrejo tahun 1984, masih kuliah di universitas terbuka jurusan ekonomi management belum lulus-lulus sampai dengan saat ini.

Posted on 3 Juli 2013, in elektronika, televisi, tv kabel. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. apa kendalanya frek chanel yg terakhir berkurang kalo jaraknya udah jauh… trim’s

  2. saya tidak begitu faham pertanyaanya. tapi akan coba saya jawab.
    mungkin maksud anda kenapa signal untuk channel terakhir berkurang setelah jaraknya jauh. channel terakhir/frequensi tinggi levelnya berkurang kalau jaraknya jauh disebabkan karena redaman/losee signal dari perangkat. bisa juga disebabkan karena noise. jadi kalau frequensi semakin tinggi, maka noise/gangguan juga semakin banyak. untuk mengatasi masalah ini lakukan setting ampli/booster agar signal level freq tinggi lebih besar. jadi bila di jaringan, teredam/noise signal level bisa tetap kuat. atau silahkan kunjungi di blog saya yang khusus membahas MATV di http://masterantena.blogspot.com . terimakasih sudah mampir ke blog saya. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: