konfigurasi tv kabel head end

konfigurasi-tv-kabel

About andry

Lulus STM 1 jogja tahun 1996, lulus SMPN 7 jogja tahun 1993, lulus SD Muhammadiyah Tegalrejo jogja tahun 1990, lulus TK ABA tegalrejo tahun 1984, masih kuliah di universitas terbuka jurusan ekonomi management belum lulus-lulus sampai dengan saat ini.

Posted on 12 Desember 2008, in elektronika, televisi, tv kabel and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 30 Komentar.

  1. thanks gan atas kunjunganya

    • pak andry, sy mo bikin headen tv kabel utk 12 ch vhf,sy udah beli modulator matrix 8 ch dan 4 ch,1 buah booster indoor,gmn cara merangkainya biar hasilx bagus utk skitar 200 pelanggan yg jarak terjauhnya 1km,apalagi jg yg harus sy siapkn,parabola/digitalx sudah siap dipasang ?

      • untuk hasil maximal,tentu jaringan yang dibangun juga harus sebisa mungkin noise dan interfensi signal dari luar tidak masuk jaringan kita, dan di head end juga harus bagus dulu (gunakan 1 buah tv untuk memonitor hasil)
        1. pastikan channel atau siaran yang akan di distribusikan sudah diterima bagus dari satelite/parabola.(tidak pecah2 atau signal hilang2)
        2. pastikan frequensi tidak saling bertabrakan antara modulator (diberi jarak minimal 1 channel utuk masing2 modulator)
        3, pastikan output rf modulator tidak sama dengan frequensi tv terestial (bila ada didaerah anda)
        4. pastikan keluaran dari combiner, masing masing rf modulator besarnya sama (rata) atau tidak ada yang lebih tinggi dari lainya. kalau terpaksa ada yang lebih besar/tinggi,usahakan tidak terlalu jauh selisihnya.
        5. pastikan input maximal dan input minimal dari booster atau ampli yang akan digunakan di head end. jangan melebihi atau kurang dari spek pabrik (biasanya tertulis di kemasan/manual book)
        6. untuk setting ampli/booster usahakan signal level frequensi yang tinggi lebih besar dari freq rendah, jadi klo digambar,spektrumnya akan semakin naik nilai levelnya.
        7. jangan gunakan spliter untuk membagi ke rumah-rumah atau pelanggan. melainkan menggunakan coupler yang ada nilai tapnya. nilai tap ini tergantung signal yang akan kita berikan ke pelanggan. apabila di titik terminal coupler itu didapati signal30dBmV , sedangkan kita ingin memberikan signal 4dBmV, maka kita berikan coupler dengan nilai tap 26dBmV.
        mungkin itu dulu yang bisa saya bantu.
        terimakasih.

  2. mohon info lebih lanjut tentang Tv kabel…

  3. pada prinsipnya, jaringan tv kabel adalah sebuah master antena tv. selanjutnya di distribusikan ke pelanggan. di head end atau cenrtral sebuah perusahaan tv kabel ada banyak antena baik itu antena terestial maupun antena parabola. kemudian gambar/ siaran itu di ubah menjadi frequensi radio (RF) pada frequensi yang di inginkan. selanjutnya di distribusikan ke pelanggan.

  4. saya mau berbisnis tv kabel, bagaimana cara2nya, perangkat apa saja yang harus dipenuhi, dll. thanks

    • untuk berbisnis tv kabel, perangkat yang perlu di persiapkan diantaranya:
      1. tempat untuk head/sentral/oprator
      2. antena baik itu antena parabola atau antena terestial
      3. reciever/decoder
      4. rf modulator
      5. ampli atau booster
      6. combiner
      7. spliter
      8. tap
      9. sudah tentu kabel coaxial untuk distribusi ke pelanggan

  5. saya mau tanya tap fungsinya buat apa?thanks….afifs@rocketmail.com

    • tap/coupler berfungsi untuk mebatasi signal yang sampai ke tv. kenapa harus dibatasi? karena apabila signal kebesaran,gambar di tv akan jelek,biasanya timbul garis2 acak acakan sampai sampai tv tidak bisa dinikmati. besarnya tap ini tidak sama. semakin dekat dengan ampli/booster,nilai tapnya semakin besar,jadi semakin jauh dari booster/ampli,nilainya makin kecil.

  6. kk w lagi merapikan sebuah MATV di sebuah rumah sakit . nah ini ada masalah pada signalnya . siaran oke . tapi ada garis” yang berjalan dari atas kebawah .

    *baru lulus langsung kerja dan dapat masalah seperti ini

  7. Pak ,di tempat sy gak ada jual combiner dan alat pengetes db,apa yg bs sy pke utk ganti kdua alat ini,dlm membuat headen tv kabel ? Klo ada gambar/skema combiner itu, tolong diposting.Trima kasih.

    • combiner bisa diganti dengan spliter tapi dibalik (input jadi out,out jadi in).
      alat pengetes dB sejauh ini saya belum mengerti diganti dengan apa. terimakasih

  8. Salam Kenal…. Bagai mana cara mengukur DB di modulato Matrix brp db yg keluar dri masing2 modulator….Modul 8in 1,4in 3 dan brapa db yg harus kluar di boster induk….Makasih

    • cara mengukurnya cukup sederhana, cukup ditest di outputnya menggunakan alat ukur dB tinggal dilihat dari frequensi masing masing modulator itu. kelemahan modulator jenis 4 in 1 atau 8 in 1 biasanya untuk pengaturan level outputnya jadi satu,jadi sekali kita atur levelnya pada salah satu frequensi,yang lain ikut berubah. untuk channel banyak,disarankan 1 channel menggunakan 1 modulator.

  9. Makasih banyak2 atas infonya Mas….saya mau nanyak Mas,apakah benar urutanya dari modolator ke televes trus ke boster central trus ke spliter dan trus ke pelanggan,apakah benar urutanya atau apa yg hrus di tambahin….Makasih

  10. matsiang bang a maunanyak n,mslh tv kabel ,a punya plnggan jarak ny sktr 200 m lebih.hasilny jelak pdhl kt mskkn lewat boster,mhn solosi bang

  11. desa sebelah jarakx skitar 500m dari headen tv kbl sy, melewati hamparan sawah,teknik apa yg hrs sy lakukan biar siaran tv kbl bisa smpe sana ? Adakah boster yg jauh jangkauanx ?

  12. Ass Wr Wb
    saya Dani, ingin belajar lebih jauh tentang Jaringan TV kabel, karena saya ingin mencoba usaha di bidang tersebut, kalau tidak keberatan boleh saya minta no Phone Bapak yang bisa di hubungi atau sms ke 0811227620.
    Terimakasih

  13. Pak dani kalau mau bikin tv kabel saya ada barang2 murah nya tapi kualitas nya di jamin
    silakan contac saya 081290601984

  14. Mungkin ada yang butuh software billing tv kabel, bisa jalan2 ke blog saya .. htto://billingtvkabel.wordpress.com

  15. Salam buat Senior Tv Kabel yg ada disini,saya minta bantuanya nih pak,saya punya studio Tv Kabel yg lagi bermasalah,jalur kiri 1,5 km,jalur kanan 2,5 km,diujung jalur kiri dan kanan berantakan pak
    1. Klo jalur kiri pada saat jam 6 sore sampai jam 10 malam,gambarx rusak bergaris,lompat dan bahkan hilang,setelah lewat jam 10 malam kembali normal sampai jam 5 sore,kira-kira masalahnya dimana ya pak?.
    2. Klo jalur kanan jika cuaca dingin (malam/hujan) gambarnya bergaris,jika cuaca panas gambarnya bagus,tp cuacanya terlalu panas gambarnya berbintik?.
    3. Saya pake modulator Model E203 1 modulator 1Ch,Combiner 24Ch,Boster Falcom D800,apa kt ukur DB di modulator atau combiner?,dan berapa seharusnya output combiner dan output boster?.
    Makasih sebelumnya Pak.

  16. Nyimak..

  17. askum…….. master tolong bagaimana mengatur frequensi 4 modulator matrix 8 in 1 supaya jadi satu. saya berusaha setting tapi ada chanel yang mati. padahal dah saya kasih jarak 1 chanel.

  18. bang tlng minta masukannya krn faktor apa chanel pd headend sering berubah sndiri and chanel apa saja yg masuk ke vertyikal dan horisontal mksh

  19. pak bagaimana cara pengaturan jarak pemakaian power suplay untuk menjaga arus listrik boster

  20. Slmt mlm kawan sya punya modul 34buah dri s7_s34 mhon bntuanya bgai mna mebgi setiap mudul dn brapa seteln yg ps untuk tiap2mudulator trim

  21. agung wardhana

    gan mau tanya cara setting modulator prevail gimana

  22. gan mau tanya perlengkapan alat parabola sistem head and apasaja untuk 24 channel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: