tips membantu help desk

Tips Membantu Petugas Helpdesk Menolong Kita
Terkadang kita sedikit enggan meminta bantuan petugas helpdesk dengan alasan suka pada lelet, lambat kalo diminta bantuan lah, atau suka nggak dong kalo diajak ngomong lah. Padahal kesalahan belum tentu ada pada petugas helpdesk. Terkadang malah kita sendiri yang menyulitkan petugas untuk memberikan solusi penyelesaian. Padahal kalau kita membantu mereka, keluhan akan lebih cepat diatasi, dan kita sendiri yang diuntungkan.

Berikut ada beberapa tips membantu petugas helpdesk menolong kita:

Cek dan ricek untuk mengeliminasi segala kemungkinan masalah
contoh kasus:
user : “mas, tolong ini komputer saya kok gak bisa nyala sama sekali”
helpdesk : “sama sekali?”
user : “Iya mas tolong……” dengan nada panik setengah histeris. Ternyata setelah di cek cuma kabel power kendor. Ini bisa juga terjadi pada televisi kita.

Atau
user : “Mas ini TV saya kok dari tadi layarnya biru terus, ga ada gambarnya?” setelah dilakukan pengecekan ternyata kabel antena belum dicolokkan atau lepas karena tersenggol saat bersih-bersih rumah.

Pokoknya sebelum panik dan histeris, cek dan ricek segala kemungkinan yang mendasar.

Restart,restart,restart
seperti balsem untuk orang yang mau pingsan atau air kelapa untuk orang yang keracunan, restart adalah pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Untuk komputer yang berbasis windows, biasanya restart bisa sedikit menolong. Mulai dari hasil print yang ngacau ato proses data yang lelet, biasanya restart bisa membantu. Begitu pula bisa dilakukan pada modem JMN.
Jadi sebelum bercucuran air mata menelphone petugas helpdesk, atau memanggil tekhnikal support, ada baiknya dilakukan restart komputer atau modem.

Segala sesuatu yang ada tulisanya biasanya perlu dibaca
sebuah ilustrasi yang mungkin bisa terjadi :
user : “mas ini komputer saya kok jadi bengong begini?”
helpdesk :”tenang pak/bu, coba ceritakan kronologisnya”
user :”jadi awalnya saya begini……terus begitu….terus saya giniin…..terus tiba-tiba MUNCUL KOTAK,
terus saya klik…. sekarang kok jadi begini mas?”
helpdesk :”emang yang di klik tulisanya apa pak/bu?”
user :”tidak tau!!”
Kabar buruk, ternyata komputer yang selama ini kita anggap benda cerdas, ternyata gak cerdas-cerdas banget. Bertahun tahun kita pelihara, ternyata dia gak bisa ngomong. Makanya dia mencoba berkomunikasi dengan kita dengan kotak tadi. Ada beberapa kotak yang aman untuk kita klik, tapi ada pula kotak yang beresiko untuk kita klik. Makanya ada baiknya kita baca dulu tulisan yang ada baru kita klik OK. Siapa tau kita akan menjumpai kotak yang semacam ini :

Diskripsi yang jelas
Petugas helpdesk berada terpisah dari tempat terjadinya keluhan.perlu diingat kalau kata “gini, gitu, giniin, itunya, disininya, disitunya” cuma relevan digunakan biala kita berada ditempat yang sama.atau dengan peragaan visual. Komunikasi via telp konvensional belum memungkinkan peragaan melalui visual/video. Kata itu mungkin bisa memancing keisengan petugas untuk menjawab sekenanya.”Oo..itunya yang di klik? Harusnya itunya… biar bisa begini……”

About andry

Lulus STM 1 jogja tahun 1996, lulus SMPN 7 jogja tahun 1993, lulus SD Muhammadiyah Tegalrejo jogja tahun 1990, lulus TK ABA tegalrejo tahun 1984, masih kuliah di universitas terbuka jurusan ekonomi management belum lulus-lulus sampai dengan saat ini.

Posted on 2 Februari 2008, in informatika, IT & Art, televisi, tv kabel and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. hehehehe ….
    kasihan banget mas ts ini …
    besok-besok lagi kalo pas ke customer sekalian bawa cemilan ben asyik … (apalagi kalo customernya cakep … bisa2 saben hari kesitu mulu)

  2. kekekekekekeke
    tau aja mas panji ini….
    mase kan juga seorang ts to? dicateti mas pelanggan yang cakep, besok kita samperin bareng bareng. sesama jomblo harus saling membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: